Studium Generale Dubes RI untuk RDR Laos “Diplomasi Indonesia di Republik Demokratik Rakyat Laos”

Bandung – UNIKOM : Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) FISIP UNIKOM pada hari Jumat, 09 Agustus 2019, menyelenggarakan Studium Generale dengan tema “ Diplomasi Indonesia di Republik Demokratik Rakyat Laos” dengan Narasumber Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) R.P Pratito Soeharyo. Acara dihadiri oleh +/ 200 peserta dari kalangan mahasiswa dan umum yang bertempat di Auditorium Miracle Kampus II UNIKOM. Turut hadir dalam acara Studium Generale Dekan FISIP UNIKOM, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs, MA , Direktur Kemahasiswaan UNIKOM, Andrias Darmayadi, Ph.D, Kaprodi IHI FISIP UNIKOM, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP.,M.Si dan dosen dilingkungan UNIKOM.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UNIKOM dengan khidmat dan dilanjutkan dengan Sambutan oleh Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Dr. Dewi Triwahyuni, M.Si. Dalam sambutannya Kaprodi IHI menjelaskan kegiatan ini merupakan program kerja Prodi IHI UNIKOM dengan mendatangkan expert maupun praktisi dari Kementerian Luar Negeri RI setiap semesternya, hal ini sebagai penunjang kurikulum mata kuliah HI Kawasan Asia Tenggara serta Studi dan Praktik Diplomasi yang diselenggarakan di program studi IHI FISIP UNIKOM. Selain itu dalam kesempatan ini juga turut dilakukan penjajakan kerjasama antara IHI FISIP UNIKOM dan KBRI Vientiane, Laos, untuk Kegiatan Program Magang Mahasiswa IHI UNIKOM. Sambutan juga diberikan oleh Dekan FISIP UNIKOM, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs, MA yang juga sekaligus membuka acara, dalam sambutannya Dekan FISIP menyambut baik kegiatan ini dan diharapkan kedepannya kerjasama antara KBRI Vientiane – IHI FISIP UNIKOM dapat segera direalisasikan.

Acara Studium Generale dengan tema ” Diplomasi Indonesia di Republik Demokratik Rakyat Laos” berlangsung selama 2 jam dipandu oleh moderator Sylvia.O.Putri, M.I.Pol (dosen Prodi IHI UNIKOM). Dubes Pratito Soeharyo memaparkan materi mengenai Diplomasi RI di RDR Laos dan peluang -peluang bagi Indonesia. KBRI Vientiane mendorong peningkatan Outward Investment di negara Laos. KBRI Vientiane juga berupaya mengenalkan Indonesia kepada masyarakat Laos sehingga dapat meningkatkan people to people contact dan meningkatkan jumlah kunjungan pebisnis dan wisatawan dari Laos ke Indonesia. Dalam Studium Generale ini Dubes Pratito Soeharyo juga berbagi tips bagaimana menjadi seorang diplomat dan prospek pekerjaan bagi sarjana hubungan internasional. Antuasiasme mahasiswa dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa pada sesi tanya jawab dan diskusi.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh Kaprodi IHI FISIP UNIKOM kepada Dubes Pratito Soeharyo dan ditutup dengan acara foto bersama dengan civitas akademika IHI FISIP UNIKOM dan para peserta Studium Generale.

  • Polls
    Sorry, there are no polls available at the moment.
  • About Author
    admin

    Leave a Comment

    Name*
    Email*
    Website