The Diplomat Talk : Dubes LBBP RI untuk Korea Utara

Pada hari Jumat, 06 Desember 2019, bertempat di Ruang L.18 Smart UNIKOM Building. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UNIKOM mengadakan Kuliah Umum yang mengangkat tema “Catatan Dari Mancanegara dan Tantangan Generasi Muda Masa Depan” Oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP ) Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) Bapak. Berlian Napitupulu.

Acara Kuliah Umum dibuka oleh sambutan dari Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Hubungan Internasional (IHI) UNIKOM, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP., M.Si dan sambutan oleh Dekan FISIP UNIKOM Prof.Dr.Samugyo Ibnu Redjo, Drs.,MA. Dalam sambutannya Kaprodi IHI UNIKOM mengungkapkan bahwa kegiatan kuliah ini merupakan bagian dari program kerja Prodi IHI UNIKOM ” The Diplomat Talk” yang dilakukan setiap semesternya, dengan mengundang para pakar dan praktisi dalam bidang diplomasi untuk memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa mahasiswi Prodi IHI UNIKOM untuk mengasah kemampuan, menambah pengalaman dan wawasan mereka yang merupakan calon diplomat masa depan. Sebelumnya Prodi IHI UNIKOM juga mengundang Duta Besar RI untuk Laos, Dubes R.P Pratito Soeharyo, untuk memberikan kuliah umum di UNIKOM. Dekan FISIP UNIKOM, Prof.Dr.Samugyo Ibnu Redjo, Drs.,MA, dalam sambutannya mengungkapkan dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Kuliah Umum ini dengan harapan mahasiswa mahasiswi prodi IHI UNIKOM semakin semangat dalam belajar dan meningkatkan prestasi. Kuliah umum juga dihadiri oleh Guru Besar IHI UNIKOM, Prof.Dr.Hj.Aelina Surya Dra, Direktur Kemahasiswaan UNIKOM, Andrias Darmayadi, Ph.D., Dosen Prodi IHI UNIKOM, Sylvia Octa Putri, M.I.Pol dan Staf Sekretariat Prodi IHI, Dwi Endah Susanti, SE serta tamu undangan lainnya.

Dubes Berlian Napitupulu berkesempatan memberikan Kuliah Umum yang mengangkat tema “Catatan Dari Mancanegara dan Tantangan Generasi Muda Masa Depan”. Dalam pemaparan materinya Dubes Berlian Napitupulu menceritakan pengalamannya selama bertugas menjadi diplomat di berbagai negara seperti Kanada, Korea Selatan, Kuba dan Korea Utara. Menurut Dubes Berlian seorang diplomat tidak hanya pandai bernegosiasi namun juga harus mampu mempromosikan Indonesia di negara luar, seorang Duta Besar juga mengemban tugas ekonomi. Tentulah keberhasilan diplomasi ekonomi bukan hanya ditangan diplomat semata tetapi juga ditangan seluruh masyarakat Indonesia. Dubes Berlian mengajak mahasiswa untuk proaktif dan berkotribusi dalam mempromosikan Indonesia ke duania internasional, salah satunya melalui storynomics.

Pemaparan kuliah umum oleh Dubes Berlian berlangsung selama1,5 jam mengundang perhatian dan rasa keingintahuan mahasiswa, hal ini dilihat dar banyaknya mahasiswa yang antusias dalam sesi tanya jawab. Acara kuliah umum diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Kaprodi IHI UNIKOM dan Dekan FISIP UNIKOM kepada Dubes Berlian dan foto bersama dengan seluruh civitas akademika prodi IHI UNIKOM.

  • Polls
    Sorry, there are no polls available at the moment.
  • About Author
    admin