Mahasiswa IHI UNIKOM Raih Beasiswa “Embajadores Bogotá 2019” dari Walikota Bogota, Kolombia

Mahasiswa IHI UNIKOM, Sdri.Suryani Dwi Guna, NIM 44315003, berhasil meraih Beasiswa “Embajadores Bogotá 2019”. Program Embajadores Bogotá 2019 merupakan Program Beasiswa Pemerintah Kota Bogota, Kolombia, dimana program tersebut merupakan program beasiswa bagi mahasiswa asing untuk belajar bahasa Spanyol dan menjalani pengalaman budaya dan wisata di Bogotá. Program Embajadores Bogotá 2019 berlangsung selama 3 bulan periode September – November 2019.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjadikan Kolombia sebagai negara terbaik untuk mempelajari bahasa Spanyol dan untuk menpromosikan tempat wisata di Bogotá. Terdapat 31 peserta yang memperoleh Beasiswa Embajadores Bogotá 2019 yang berasal dari 7 negara yaitu Indonesia, India, Tiongkok, Korea Selatan, Jerman, Perancis, dan Turki). Peserta dari Indonesia sebanyak 11 peserta dan jumlahnya termasuk yang paling banyak dari mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut. Salah satu persyaratan untuk mengikuti program ini yaitu harus menguasai minimal level B1 Bahasa Spanyol.

Program Embajadores Bogotá 2019 berlangsung selama 3 bulan periode September – November 2019. Sebanyak 31 “Duta Bogota” ini menerima pelatihan dalam bahasa Spanyol di Universidad EAN dan Caro & Cuervo Institute. Mereka juga melakukan kegiatan sukarela, mereka belajar tentang sejarah, budaya, gastronomi dan bisnis. Mereka juga melakukan tur ke Sumapaz, Quebrada la Vieja, Monserrate, pabrik kulit di lingkungan Restrepo, TranMiCable, Ciudad Bolívar, TransMilenio, Paloquemao Market Square, Museum Nasional, Quinta de Bolívar, Casa de la Independencia, Istana Liévano dan jalur komersial Rivas, Mercedes Gómez, La Candelaria dan The Bronx.

Institute. Mereka juga melakukan kegiatan sukarela, mereka belajar tentang sejarah, budaya, gastronomi dan bisnis. Mereka juga melakukan tur ke Sumapaz, Quebrada la Vieja, Monserrate, pabrik kulit di lingkungan Restrepo, TranMiCable, Ciudad Bolívar, TransMilenio, Paloquemao Market Square, Museum Nasional, Quinta de Bolívar, Casa de la Independencia, Istana Liévano dan jalur komersial Rivas, Mercedes Gómez, La Candelaria dan The Bronx.

Suryani, yang merupakan mahasiswa semester akhir di program studi Ilmu Hubungan Internasional UNIKOM, menuturkan ” Program Embajadores Bogotá 2019 sangat menarik, challenging, menambah wawasan dan pengalaman bagi saya terutama dalam budaya dan bahasa Spanyol yang selama ini merupakan bidang yang saya minati. Minggu pertama di Bogota cukup menantang bagi saya karena harus memahami aksen orang Kolombia yang berasal dari Costa dan mereka berbicara sangat cepat seperti orang Venezuela”. Adaptasi awal dapat dilalui dengan mulus oleh Suryani selama berada di Bogota, Kolombia. Suryani juga menuturkan bahwa ia terlibat selama 100 jam volunteering di Bogotá turismo, untuk membantu mempromosikan tempat wisata dan event yang diselenggarakan pemerintah Bogotá. Tak hanya pengalaman, Suryani juga memperoleh banyak teman dan networking. Kepiawaian Suryani dalam berdaptasi dan bersosialisasi selama di Bogota didukung oleh kegiatan Suryani dalam mengisi luang waktunya di sela-sela kesibukan kuliah yaitu dengan bergabung di komunitas Polyglot Indonesia. Polyglot adalah sebutan untuk orang-orang bisa berbicara dalam banyak bahasa, biasanya 5 bahasa keatas dengan kemampuan berbahasa dengan baik.

Melansir dari media sosial Instagram-nya @yanidwigunaa Suryani adalah mahasiswa yang aktif memperluas cakrawala wawasannya dan telah menjejakkan kakinya ke berbagai negara dengan mengikuti berbagai kegiatan di program studi IHI UNIKOM. Suryani juga pernah menjalani program internship di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Hal ini tentu saja menambah deretan international experiences bagi Suryani untuk bekal di masa depan sebagai calot diplomat Indonesia. Semoga prestasi yang telah ditorehkan oleh Suryani ini dapat menginspirasi teman-teman Mahasiswa UNIKOM untuk terus semangat belajar dan menambah pengalaman.

Selamat atas prestasi yang diraih Suryani, Buen tiempo !!

  • Polls
    Sorry, there are no polls available at the moment.
  • About Author
    admin