Penyelenggaran Webinar “Diaspora IHI UNIKOM : Surviving in Global Pandemic Covid-19”
Webinar Diaspora IHI UNIKOM

(Bandung) Sabtu, 18 Juli 2020, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) FISIP UNIKOM menyelenggarakan Webinar yang bertemakan “Diaspora IHI UNIKOM : Surviving in Global Pandemic Covid-19″ pada Pukul 13.00 – 16.30 WIB melalui aplikasi Zoom. Kegiatan Webinar ini menghadirkan 5 (lima) narasumber yang merupakan alumni IHI UNIKOM yang berada di berbagai mancanegara, diantaranya di negara Australia, Kamboja, Timor Leste dan Jepang. Para narasumber berbagi pengalaman dalam menghadapi Pandemi Covid-19 di negara-negara tersebut. Kegiatan Webinar ini dihadiri oleh Dekan FISIP UNIKOM, Prof. Dr.Samugyo Ibnu Redjo, Drs, MA, Kaprodi IHI UNIKOM, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP.,M.Si, Direktur Kemahasiswaan UNIKOM, Andrias Darmayadi, Ph.D, Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional UNIKOM, Prof. Dr.Hj.Aelina Surya, Dra, Dosen dan Staf Prodi IHI UNIKOM dan 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa, kalangan akademisi dan umum.

Webinar Diaspora IHI UNIKOM : Surviving in Global Pandemic Covid-19

Kegiatan webinar diawali dengan Sambutan oleh Ketua Program Studi IHI UNIKOM, Ibu Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP.,M.Si. Dalam sambutannya Kaprodi IHI menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para penstudi Hubungan Internasional serta khalayak umum tentang bagaimana negara-negara di dunia dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan apa yang dapat diadaptasi oleh Indonesia mengingat pada saat ini angka kasus Covid-19 semakin meningkat di Indonesia. Lebih lanjut Kaprodi IHI mengutarakan saat ini tantangan bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi menjadi sangat berat karena dilakukan secara daring, tentunya banyak perubahan yang sangat siginifikan sehingga tidak dapat bertemu secara langsung atau tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar dan juga tidak berinteraksi dengan teman-teman kuliah secara langsung, sehingga dikhawatirkan semangat belajar dapat menurun. Untuk itu acara ini diharapkan dapat membangkitkan semangat mereka untuk tetap semangat dan aktif dalam belajar dan mengejar cita-cita mereka dengan menghadirkan role model yaitu kakak-kakak alumni mereka yang telah sukses dibidangnya.

Sambutan oleh Kaprodi IHI UNIKOM, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP.,M.Si

Kegiatan webinar dibuka oleh Dekan FISIP UNIKOM, Prof. DR. Samugyo Ibnu Redjo, Drs, MA. Dalam sambutan sekaligus pembukaan acara Dekan FISIP mengapreapresi Prodi IHI UNIKOM atas terlaksananya kegiatan ini dan diharapkan dapat memotivasi mahasiswa IHI UNIKOM yang saat ini sedang menempuh studi di UNIKOM. Ucapan selamat dan rasa bangga juga disampaikan oleh Dekan FISIP bagi para alumni IHI yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan webinar, prestasi yang telah mereka torehkan tidak saja dapat mengharumkan nama prodi IHI, FISIP dan UNIKOM namun juga bangsa dan negara Indonesia.

Sambutan dan Pembukaan Acara oleh Dekan FISIP UNIKOM, Prof.Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs.,MA

Kegiatan webinar dipandu oleh Moderator, yaitu Dosen Program Studi IHI UNIKOM, Sylvia Octa Putri, S.IP.M.I.Pol dengan menghadirkan narasumber yaitu :

  1. Agung Hatma Suryawan – Embassy of The Republic of Indonesia in Canberra – Australia (Alumni IHI Year of 2002)
  2. Celso Da Fonseca – Master of Arts (MA) International Development, Korea University, Republic of Korea dan Asia Pacific Master of Arts (MA) in Human Rights and Democratization, Global Campus Asia Pacific, Mahidol University, Founder BOTIR MATAK Group Dili – East Timor (Alumni IHI Year of 2003)
  3. Januario Rangel Soares, MPS – Deputy Team Leader (Roads Project and Social Protection Project) for Catalpa International Phnom Penh – Cambodia (Alumni IHI Year of 2004)
  4. Irfan Hakim – Hotsuma International School, Gifu-Shi, Gifu-Ken, Japan (Alumni IHI Year of 2011)
  5. Faza Raksa Barliana – Tokyo Oji Internasional Language Saitama – Japan (Alumni IHI Year of 2013)

Panel Session Webinar Diaspora IHI UNIKOM : Surviving in Global Pandemic Covid-19

Dalam sesi panel yang berlangsung selama 2 jam tersebut setiap narasumber berbagi pengalaman mereka bagaimana Australia, Jepang , Timor Leste, Kamboja menghadapi Covid-19. Dari pemaparan oleh materi secara general diperoleh informasi bahwa setiap pemerintahan memiliki kebijakan, pendekatan dan style of leadership masing-masing dalam menangani Covid-19. Beberapa negara memiliki 0 kasus angka kematian akibat Covid-19, sedangkan beberapa negara lainnya sedang menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19dengan angka jumlah kematian yang dapat ditekan. Terdapat negara yang memberikan subsidi/bantuan kepada masyarakat tanpa proses yang berbelit-belit, sedangkan di negara lainnya situasi pandemi dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Kebijakan pemerintah dan perhatian pemerintah merupakan hal yang penting dalam menghadapi pandemi Covid-19, namun kesadaran masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan menjadi hal yang esensial. Acara webinar ini berlangsung interaktif dan dinamis sehingga mengugugah antusiasme peserta dengan banyaknya pertanyaan dari peserta yang diajukan kepada narasumber pada sesi tanya jawab.

Webinar Diaspora IHI UNIKOM : Surviving in Global Pandemic Covid-19

Acara Webinar ditutup dengan doa dan foto bersama, serta apresiasi kepada narasumber melalui virtual applause pada aplikasi Zoom. Menariknya banyak peserta yang request agar diselenggarakan lagi webinar serupa dengan menghadirkan lebih banyak lagi diaspora IHI UNIKOM di berbagai mancanegara. Selamat dan Sukses untuk panitia dan Prodi IHI UNIKOM.

  • Polls
    Sorry, there are no polls available at the moment.
  • About Author
    admin